Blogger templates

Bola kaca - karet

Minggu, Juni 13, 2010
"Bayangkan hidup itu ibarat pemain akrobat dengan lima bola di udara."

Anda bisa menamai bola itu dengan sebutan :

- Pekerjaan
- Keluarga
- Kesehatan
- Sahabat , dan
- Semangat

Semuanya ini harus Anda jaga agar bola-2 ini tetap di udara dan jangan sampai ada yang terjatuh..

Nah..Jika suatu saat Anda dihadapkan pada situasi yang sangat sulit dan Anda harus melepaskan salah satu diantara lima bola tsb ,  Anda akan melapaskan yang mana ??

Pikir-pikir-pikir-pikir....... ^_^

Saran Brian Dyson - mantan eksekutif Coca Cola , " Lepaskanlah Pekerjaan...

Mungkin Anda heran dengan saran Brian Dyson..

Berikut alasannya..

Mengapa Pekerjaan ? bukan yang lain ? ..

Karena pekerjaan adalah Bola karet..




Pada saat Anda menjatuhkannya , suatu saat ia akanmelambung kembali ,namun 4 bola yang lain , seperti keluarga , kesehatan , sahabat dan semnagat adalah Bola Kaca.



Jika Anda menjatuhkan salah satu dari bola ini , akibatnya bisa sangat fatal !

Dari ilustrasi ini , Brian Dyson mencoba mengajak kita semua untuk hidup secara seimbang..

Pada kenyataannya , kita semua terllau menjaga pekerjaan yang adalah bola karet , bahkan kita mengorbankan keluarga , sahabat dan semangat demi menyelamatkan bola karet tsb.

Demi uang atau pekerjaan , kita mengabaikan keluarga.

Demi meraih sukses dalam pekerjaan , kita menjadi workaholic dan tidak meperhatikan kesehatan.

Bahkan demi uang atau pekerjaan , kita rela menghancurkan hubungan dengan Sahabat yang telah kita bangun bertahun-tahun lamanya.

Namun ..kiranya Anda semua jangan salah paham dan salah artikan saran Brian Dyson ini.

Bukan berarti pekerjaan tidak penting , Pekerjaan itu penting..Namun yang perlu kita jaga adalah jangan sampai pekerjaan atau Uang itu menjadi BERHALA dalam hidup kita.

Ingatlah jika kita kehilangan uang, masih bisa kita cari lagi , tetapi... Jika keluarga sudah terjual , kemana kita bisa membelinya lagi ?

Lihat kisah Yusuf yang meski pernah dibuat miskin , habis-habisan dan sengsara oleh kakak-kakaknya , tetapi tetap saja tahu dan sadar bahwa Keluarga lebih penting dari penderitaannya itu.

Ingatlah kawan..

Uang hilang masih bisa dicari , tapi apa kita bisa membeli Sahabat ?

Uang hilang masih bisa dicari , tapi apakah kita bisa memulihkan Kesehatan kita secara normal jika kita terkena penyakit kritis ?

Disadur dari pidato Brian Dyson - mantan eksekutif Coca Cola.. ( diteruskan dari kiriman BBM untuk dishare ) Semoga menjadi renungan buat kita..Happy Sunday n blogging..

Akhir kata : Jagalah prioritas hidup Anda agar senantiasa seimbang. ^_^

25 comments:

  1. waroeng coffee mengatakan...:

    aku suka artikel ini bro :) philosofinya logis banget, tq 4 share :)

  1. inge / cyber dreamer mengatakan...:

    thx 4 share...
    bgs bgt postingannya...
    berbagi perenungan...

  1. gaelby mengatakan...:

    mantab dan inspiratif kawan ! i like it.
    Salam knal, blognya aq follow ya :)

  1. ekopras mengatakan...:

    sahabat dan keluarga memang segalanya

  1. fanny mengatakan...:

    jadi yg dilepas adalah pekerjaan ya? hehhee...

  1. pak tani dan sang sapi mengatakan...:

    like this....
    suka banget n emang bener banget tuch...
    kita sering di perbudak sama uang dan pekerjaan...
    kunjungan pertama...
    salam kenal dari pak tani

  1. ~Srex~ mengatakan...:

    Artikel yg menggelitik banget mas...tapi aku udah mengalami baberapa kali 'jatuh bangun'nya kehidupan, dan ternyata dalam profesiku, bola kaca nya adalah 'sahabat'.
    tx4share...

  1. exort mengatakan...:

    gw harap pekerjaan gw emang mirip bola karet, skrg lg meluncur kebawah dan gw sangat berharap agar cepat memantul lagi keatas
    *lah kok malah curhat ya*

  1. merry go round mengatakan...:

    Gosh...dalem banget. Pas awal2 baca saya bilang "gila, itu sih penting semua, mana mungkin ada yg bisa dilepas".
    tapi setelah baca lanjutannya saya baru sadar, selama ini saya lebih mengutamakan pekerjaan dibanding keluarga. Great posting. Love it.

  1. Akmal Fahrurizal mengatakan...:

    Pekerjaan bisa kita raih lagi ya . .

  1. NoRLaNd mengatakan...:

    " Bahkan demi uang atau pekerjaan , kita rela menghancurkan hubungan dengan Sahabat yang telah kita bangun bertahun-tahun lamanya. "

    Perihal diaatas sangatlah sering saya jumpai. Entah saya yang sial, atau emang dunia seperti itu =(

  1. Call me Batz mengatakan...:

    waroeng n inge : sama-2..

    gaelby : thx..salam kenal juga..

    ekopras : yup..

    fanny : saat -2 genting tuh dan harus memilih..

    pak tani : thx..met berkunjung

    srex : yup.. persahabatan memang harus dijaga

    exort : semoga bola karetnya segera memantul ke atas ya.. ^_^

    merry : yup..me too..makanya aq share di sini..

    akmal : ya begitulah..

    norland : mungkin mereka belum mengerti arti persahabatan yang sesungguhnya.. salam kenal..thx uda berkunjung

  1. iyah pekerjaan hanya duniawi ^____^

  1. fanny mengatakan...:

    gambar bolanya keren

  1. the others.. mengatakan...:

    Hemm.., benar sekali ya ? Pekerjaan adalah bola karet, sementara keluarga dan sahabat kita adalah bola kaca. Setuju banget..!

  1. catatan kecilku mengatakan...:

    Bagus banget nih artikelnya... Aku akan selalu mengingatnya agar aku bisa menentukan prioritas dg benar. Thanks ya...

  1. Arif Chasan mengatakan...:

    keren...
    sebuah analogi yg mengena n pas bgt..

    thanks.. 4 share..
    ^_^

  1. Sang Cerpenis bercerita mengatakan...:

    mampir bentar..bawain soto ayam

  1. Aulawi Ahmad mengatakan...:

    intinya memang harus pandai membagi mana yg lebih penting man yg tidak ye :)

  1. Ferdinand mengatakan...:

    Aku setuju bgt Sob.....klo pekerjaan hilang masih bisa dateng lagi dan andai kita ga diterima kerja dimana2 pun kita bisa buka usaha sendiri tp klo 4 hal yg lain kayanya emank perlu tetap dipertahanin untuk selalu diatas............

    Eum bener Sob....akhirnya malah yusuf ya yg nyelamatin keluarganya dari kelaparan.........

    Maaf nie aku baru mampir.....Happy blogging N semangat!!!

  1. Call me Batz mengatakan...:

    ria : iya..

    fanny : yup..aq suka gambar bolanya..

    cat kecil n the others : yup..thx

    arif : yup..thx

    fanny : pas banget laparr

    aulawai : yup..

    ferdinand : thx ya..happy blogging too

  1. pelangi anak mengatakan...:

    keberadaan keluarga adalah hal yang tak ternilai harganya. Kesehatan mahal harganya, apabila kita tidak menjaganya dengan baik. Tak semua orang bisa menjadi sahabat seperti yang kita inginkan. Semangat adalah modal utama dalam menjalani kehidupan. Dan saat ini saya sedang dalam proses melepaskan bola karet yang tak lain adalah pekerjaan. Semua itu sudah saya putuskan, untuk lebih memprioritaskan keluarga dan menimba pengalaman. Saya yakin bola karet yang akan saya lepaskan, akan kembali memantul sebagai bola yang lebih baik dari sebelumnya.

  1. richoyul mengatakan...:

    uang memang penting cuma bukan akhir dari segala2nya..... tapi sering pusing juga gara2 ga punya uang :)

  1. Call me Batz mengatakan...:

    pelangi : semoga terkabul ya..

    richo : yup benar juga..haha

  1. sapidudunk mengatakan...:

    sip.. sip..
    ada orang yang sering bilang ke aku, duit bisa dicari lagi, waktu dia keilangan duit sampai berapa juta,, ternyata emang bener ya.. hehe..

    salam kenal