Blogger templates

Menjelajahi Banda Aceh..

Minggu, Agustus 23, 2009
Tulisan ini untuk mengingat perjalanan terakhirku di banda aceh ( so memorable :) )

Satu tempat yang belum pernah aq kunjungi selama ini dan sangat ingin aq kunjungi di banda Aceh yaitu museum tsunami.. dan finally aq berkesempatan mengunjungi museum ini :

Dari namanya saja uda bisa ditebak bahwa museum ini dibangun untuk mengenang kejadian tsunami yang pernah melanda Aceh tahun 2004 silam..

Di halaman depan dari museum ini terdapat suatu panggung terbuka yang diperuntukkan untuk pertunjukkan tari saman ( tarian khas Aceh )..saat kunjunganku ..ada sekelompok pria yang sedang latihan tarian ini, ternyata tidak gampang untuk menarikan tarian ini,,dibutuhkan kerjasama dan kekompakan yang solid untuk bisa menarikan tarian ini.

Okay..itu tadi masih di bagian luar museum..mari kita masuk dan menjelajahi bagian dalam museum..

Dalam perjalanan menuju pintu masuk museum..kita akan bertemu dengan sebuah kolam besar di lantai dasar dari museum ini ..aq tidak tau maksud dari kolam ini, tapi mungkin ini mengilustrasikan bahwa ini adalah laut dan air menandakan sesuatu yang identik dengan tsunami.

Okay..sekarang kita tinggalkan kolam itu dan kita menuju pintu masuk yang berada di samping kolam..

Begitu kita masuk..kita akan menemukan suatu lorong gelap dengan pencahayaan yang minim dan di sepanjang dinding lorong ini terdapat aliran air buatan yang terus mengalir..dan lorong ini berbentuk melingkar seperti pusaran air ( sumpah dech keluar dari lorong ini kita akan merasa lelah dan keringatan )

Di pertengahan jalan menuju pintu keluar dari lorong ini akan kita temukan suatu ruangan ..seperti lorong itu( karna ini masih bagian dari lorong itu ) ruangan ini juga gelap..satu2nya sumber cahaya dari ruangan ini yaitu cahaya dari atap ruangan tersebut yaitu suatu lingkaran yang berisikan tulisan Allah dalam bahasa Arab..

Jika kita baca dari penjelasan ruangan yang ada di bagian luar museum ini ( meski hanya sempat baca sekilas ha ha) ruangan ini dinamakan ruang pengharapan, dimana Tulisan Allah dibagian atap ruangan ini menunjukkan bahwsanya di dalam semua kejadian itu..masih ada pengharapan dan hanya kepada Allah sajalah kita bisa berharap ( memang seharusnya begitu :) )

Saatnya melanjutkan perjalanan… setelah keluar dari lorong gelap tadi ..kita akan kembali ke ruangan yang bersikan kolam tadi.namun ini tidak berarti perjalanan uda usai..karna ada tangga yang melintasi kolam itu dan tangga ini merupakan jalan yang menghubungkan lantai dasar dengan lantai atas museum ini..

Di bagian atas museum ini kita temukan beberapa ruangan seperti ruangan lukisan ( beberapa lukisan bertemakan tsunami seperti desa yang hancur dan pembagian bantuan ) bisa kita temukan di sini..

Di sebelah ruangan ini ..terdapat ruangan lain yaitu ruangan kesenian..dimana kita akan mendapatkan semacam seminar mengenai budaya dan kesenian aceh

Lanjut ke ruangan lain..yaitu ruangan fotografi..dimana terdapat pameran hasil-2 fotografi sekitar kejadian tsunami.. dan pada kesempatan ini akan aq tunjukkan beberapa fotografi yang aq ambil fotonya
Selesai dengan ruang fotografi , kita lanjutkan dengan ruangan audio visual..

Di ruangan ini terdapat satu layar besar ( layaknya bioskop ) namun film yang diputar disini merupakan dokumentasi seputar tsunami..seperti liputan terhadap penduduk desa yang selamat dari bencana tsunami..dalam liputan ini kita akan mendengarkan bagaimana penduduk itu menceritakan perasaan mereka atas kejadian tsunami dan berita mengenai anggota keluarga yang telah tiada akibat tsunami dan juga memperlihatkan bagaimana budaya ( tarian khas daerah setempat ) yang menjadikan mereka melalui hari-2 setelah tsunami..

1 kalimat yang sangat aq ingat dan berkesan buatku dari rekaman video yang aq tonton itu yaitu

Para penduduk yang tinggal di daerah itu dan selamat pernah merasakan bagaimana dekatnya mereka dengan kematian…

kalimat ini begitu menggugah perasaanku dan menjadi sebuah renungan....

N akhirnya kita telah selesai menjelajahi museum tsunami ini.ruangan audio visual merupakan ruangan terakhir yang ada di lantai ini..

N saatnya menuju pintu keluar..ha ha..

Eittss.. jangan lupa mengambil beberpa foto di sekitar halaman museum tsunami ini wkwkwk…

12:34:56 7/8/09 enjoy it

Jumat, Agustus 07, 2009
Ramai di postkan di FB mengenai 12:34:56 di tanggal 7/8/09 membuat aq menuliskan blog ini..

Ya.. tepat di waktu itu maka akan terbentuk suatu susunan angka 123456789 .. dan ini hanya terjadi sekali seumur hidup ( katanya sich begitu ) padahal kalo mau dipikirkan lagi. ini uda yang ke dual kali ..
yang pertama terjadi di 12:34:56 tanggal 7/8/09 tepatnya tahun 1009 ( betul gak ? ) tapi ya saat itu mana ada yang peduli mengenai moment ini.. baru di tahun 2009 lah orang-2 terpikirkan momen ini..

N aq memberi komentar ke teman-2 yang mempostkan hal ini di fb dengan bertanya.. so apa yang akan kamu lakukan di momen itu ? perlu gak tiup terompet ? wkwkwk..
n tidak ada satupun yang tau apa yang sebaiknya dilakukan di moment itu.. n memang sich menurut aq juga tidak ada yang spesial di moment itu..karna tidak ada kegiatan yang spesial dilakukan di waktu itu selain melanjutkan kerjaan yang sedang dikerjakan dari tadi pagi..

So let the time flow aja dech n bersyukur kalo kita punya kesempatan untuk mengetahui hal ini dan kita termasuk bagian dari orang-2 yang bernafas di moment itu.. so ucapkanlah syukur.. ;)

N aq sendiri memutuskan untuk mempostkan hal ini di blog tepat di waktu itu ha ha.. (semoga aja waktu publishnya tepat )...

Another day in Banda to remember..

Selasa, Agustus 04, 2009
Ntar malam aq jemput jam 7-an ya... "pesan Kacab ke aq, sesaat sebelum tiba di hotel " Kulirik jam tanganku dan sudah menunjukkan pukul 6 lewat 30 menit..

Tunggu di lobby ya.. telp kacab ke aq jam 7 tepat.. ini uda lagi on the way jemput kamu..

Benar saja..tidak lama kemudian , sebuah mobil alphard tiba di depan hotel, n pintu terbuka..dan seorang pengusaha mitra bisni perusahaan kami yang aq kenal memberi tanda ke aq agar segera masuk ke mobil.. dengan sedikit sisa kekagetanku aq segera masuk ke mobil..n menuju ke restoran. Ternyata ada jamuan dengan para pengusaha mitra bisnis perusahaan ...

Senangnya bisa menikmati alphard ha ha..

Tak lama setibanya di restoran, satu persatu menu pun dihidangkan.. n guess what??
Lobster yang besar dijadiin salad , daging rusa lada hitam , ikan steam , ikan goreng asam manis cumi-2 goreng kecap , kepiting pedas , sapo seafood n seporsi kaylan cah bawang putih..hmm yummy benar menu dinnernya ;) n ditambah segelas jus sirsak-sunkis ...

Baru kali ini aq punya kesempatan untuk mencicipi lobster.. ha ha..( feel lucky )

Asyiik banget bisa makan bareng dengan para pengusaha. mendengarkan obrolan mereka ternyata hal yang menyenangkan.. :)

N kembali aq menikmati alphard dalam perjalanan kembali ke hotel :)

Hm.. asyik juga bisa sedikit mencicipi kehidupan kelas atas..wkwkwk.
what a nice night to remember....

Elite VS pinggiran

Sabtu, Agustus 01, 2009
Semalam setelah jam kantor , aq n teman kantor aq menuju salah satu salon ternama yang ada di salah satu mall terbesar di medan..

Uda bisa ditebak kan kami mau ngapaian? haha..ya pasti pangkas dong .. ( gitu aja nanya )
Kami memang uda janjian mau pangkas bareng di salon yang biasa dia pangkas.. ( kalo aq sich biasa hanya pangkas di salon-2 pinggiran aja / tukang pangkas khusus pria ) namun kali ini aq ikut dech ke salon langganan dia ( pingin coba juga gimana rasanya salon yang ada di mall-2 gitu )

Well. semua berjalan lancar.. n hasil pangkasnya juga ..ya lumayan dech..

Namun jika dibandingkan dengan tempat yang aq biasa pangkas.. rasanya aq mendapatkan kepuasan yang lebih dibandingkan di salon ternama gini.. bukan karna servicenya yang kurang bagus, untuk ukuran salon yang di mall-mall. pelayanannya uda cukup bagus..namun aq tetap saja lebih suka pangkas di tempat yang biasa aq pangkas..

Berikut aq kaci alasan aq.. ( namun sebelumnya untuk mempermudah , aq akan pake istilah pinggiran untuk tempat pangkas yang biasa aq pangkas dan elite untuk salon yang ada di mall ( yang meripakan langganan teman kerja aq )
1. Di tempat elite, sebelum dipangkas rambut kita akan dicuci dulu baru dipangkas, setelah pangkas , baru akan ditawari untuk gel atau hair tonik dsb..setelah itu ya selesai.
nah kalo di tempat pinggiran , memang tidak ada service cuci rambut.. setelah tiba giliran kita untuk dipangkas, maka rambut kita langsung di pangkas tanpa pake cuci segala, namun selain pangkas, di pinggiran kita bisa sekalian dapatkan service cukuran kumis, brewok.. ( ini bagian yang aq suka ) ha ha.., dan di tengah pangkasan.. untuk menggunting rambut bagian depan, maka kursi pangkas itu akan ditidurkan sehingga kita akan dalam posisi tidur telentang.. ( ini juga bagian yang aq suka ) ha ha.. nah selanjutnya setelah pangkas n cukuran selesai.. kita juga akan dapatkan service massage punggung n bahu.. ( rasanya rileks banget )
2. dari segi harga..di tempat elite aq harus mengeluarkan biaya sekitar 50 ribuan untuk sekali pangkas , nah kalo di pinggiran dengan banyaknya service yang didapatkan cukup dengan harga 8 ribu ..ha ha..

Dan hasil pangkasannya juga ngak jauh beda.. ( ini mungkin karna aq hanya pangkas biasa aja
( model klasik ) tidak seperti teman aq yang pake model modern, sehingga keliatannya hasil pangkasannya memang lebih pantas jika di salon elite..

Bukan berarti aq menulis ini untuk menunjukkan aq tidak suka dan menjelekkan salon yang ada di mall-2.. ini semua tergantung dari selera masing-2.. Jika di salon elite gitu , kita akan dilayani oleh stylist yang sudah terlatih n profesional , sehingga model - model rambut yang lagi trend juga tersedia , Namun untuk aq yang suka model rambut yang biasa-2 saja ( standar kantoran aja dech ) ha ha.. maka selera pangkas aq lebih ke tempat pinggiran aja.. :)

N bulan depan aq akan kembali pangkas di tempat yang biasa aq pangkas aja akh.. ha ha.