Blogger templates

Menjelajahi Banda Aceh..

Minggu, Agustus 23, 2009
Tulisan ini untuk mengingat perjalanan terakhirku di banda aceh ( so memorable :) )

Satu tempat yang belum pernah aq kunjungi selama ini dan sangat ingin aq kunjungi di banda Aceh yaitu museum tsunami.. dan finally aq berkesempatan mengunjungi museum ini :

Dari namanya saja uda bisa ditebak bahwa museum ini dibangun untuk mengenang kejadian tsunami yang pernah melanda Aceh tahun 2004 silam..

Di halaman depan dari museum ini terdapat suatu panggung terbuka yang diperuntukkan untuk pertunjukkan tari saman ( tarian khas Aceh )..saat kunjunganku ..ada sekelompok pria yang sedang latihan tarian ini, ternyata tidak gampang untuk menarikan tarian ini,,dibutuhkan kerjasama dan kekompakan yang solid untuk bisa menarikan tarian ini.

Okay..itu tadi masih di bagian luar museum..mari kita masuk dan menjelajahi bagian dalam museum..

Dalam perjalanan menuju pintu masuk museum..kita akan bertemu dengan sebuah kolam besar di lantai dasar dari museum ini ..aq tidak tau maksud dari kolam ini, tapi mungkin ini mengilustrasikan bahwa ini adalah laut dan air menandakan sesuatu yang identik dengan tsunami.

Okay..sekarang kita tinggalkan kolam itu dan kita menuju pintu masuk yang berada di samping kolam..

Begitu kita masuk..kita akan menemukan suatu lorong gelap dengan pencahayaan yang minim dan di sepanjang dinding lorong ini terdapat aliran air buatan yang terus mengalir..dan lorong ini berbentuk melingkar seperti pusaran air ( sumpah dech keluar dari lorong ini kita akan merasa lelah dan keringatan )

Di pertengahan jalan menuju pintu keluar dari lorong ini akan kita temukan suatu ruangan ..seperti lorong itu( karna ini masih bagian dari lorong itu ) ruangan ini juga gelap..satu2nya sumber cahaya dari ruangan ini yaitu cahaya dari atap ruangan tersebut yaitu suatu lingkaran yang berisikan tulisan Allah dalam bahasa Arab..

Jika kita baca dari penjelasan ruangan yang ada di bagian luar museum ini ( meski hanya sempat baca sekilas ha ha) ruangan ini dinamakan ruang pengharapan, dimana Tulisan Allah dibagian atap ruangan ini menunjukkan bahwsanya di dalam semua kejadian itu..masih ada pengharapan dan hanya kepada Allah sajalah kita bisa berharap ( memang seharusnya begitu :) )

Saatnya melanjutkan perjalanan… setelah keluar dari lorong gelap tadi ..kita akan kembali ke ruangan yang bersikan kolam tadi.namun ini tidak berarti perjalanan uda usai..karna ada tangga yang melintasi kolam itu dan tangga ini merupakan jalan yang menghubungkan lantai dasar dengan lantai atas museum ini..

Di bagian atas museum ini kita temukan beberapa ruangan seperti ruangan lukisan ( beberapa lukisan bertemakan tsunami seperti desa yang hancur dan pembagian bantuan ) bisa kita temukan di sini..

Di sebelah ruangan ini ..terdapat ruangan lain yaitu ruangan kesenian..dimana kita akan mendapatkan semacam seminar mengenai budaya dan kesenian aceh

Lanjut ke ruangan lain..yaitu ruangan fotografi..dimana terdapat pameran hasil-2 fotografi sekitar kejadian tsunami.. dan pada kesempatan ini akan aq tunjukkan beberapa fotografi yang aq ambil fotonya
Selesai dengan ruang fotografi , kita lanjutkan dengan ruangan audio visual..

Di ruangan ini terdapat satu layar besar ( layaknya bioskop ) namun film yang diputar disini merupakan dokumentasi seputar tsunami..seperti liputan terhadap penduduk desa yang selamat dari bencana tsunami..dalam liputan ini kita akan mendengarkan bagaimana penduduk itu menceritakan perasaan mereka atas kejadian tsunami dan berita mengenai anggota keluarga yang telah tiada akibat tsunami dan juga memperlihatkan bagaimana budaya ( tarian khas daerah setempat ) yang menjadikan mereka melalui hari-2 setelah tsunami..

1 kalimat yang sangat aq ingat dan berkesan buatku dari rekaman video yang aq tonton itu yaitu

Para penduduk yang tinggal di daerah itu dan selamat pernah merasakan bagaimana dekatnya mereka dengan kematian…

kalimat ini begitu menggugah perasaanku dan menjadi sebuah renungan....

N akhirnya kita telah selesai menjelajahi museum tsunami ini.ruangan audio visual merupakan ruangan terakhir yang ada di lantai ini..

N saatnya menuju pintu keluar..ha ha..

Eittss.. jangan lupa mengambil beberpa foto di sekitar halaman museum tsunami ini wkwkwk…

2 comments:

  1. exort mengatakan...:

    pingiiin deh kesana

  1. schultz mengatakan...:

    yuukk..yuukk..dari kemarin disuruh datang tapi gak mau..ha ha..