Blogger templates

Liburan pulang kampung

Rabu, September 07, 2011
Libur lebaran akhirnya berlalu juga... sebelum aq lanjut postingan kali ini..sekali lagi aq mau ucapin met lebaran bagi teman-teman yang ngerayain lebaran .. n tentu saja selamat memulai aktivitas dan rutinitas kerja kembali bagi kita semua..

Perusahaan tempat aq bekerja memberlakukan libur panjang untuk lebaran tahun ini ( 29 agustus hingga 5 september ) , meski aq belum 1 tahun di perusahaan ini , tapi menurut rekan-rekan senior , biasanya lebaran itu liburnya hanya di tanggal merah saja , setelah itu ya masuk kerja kembali , namun tahun ini benar-benar sangat berbeda , bahkan mereka sendiripun tidak begitu percaya ketika pengumuman liburan itu dikeluarkan.. kalo aq sich ya senang aja dong bisa libur panjang..jarang-jarang kan hehehe...

Untuk mengisi liburan daripada bengong di rumah , kami sekeluarga akhirnya berkunjung ke kampungnya bokap , di Pergendangen ( sekitar 5 jam perjalanan dengan rute Binjai - Medan - Brastagi - Kabanjahe - Tiga Binanga - Pergendangen ).

Sudah lama sekali aq tidak pernah pulang ke kampung , terakhir kali aq ke sini itu sekitar 8 tahun yang lalu saat pemakaman Bolang  ( papanya bokap ).

Dulu sewaktu zaman aq masih SD ,  setiap tahunnya saat pesta tahunan , bokap selalu membawa aq ke kampung untuk ikutan pesta tahunan ini , dimana aq diminta untuk menyanyikan lagu karo ( meski aq gak bisa bahasa karo , tapi kalo nyanyi lagu karo seperti mejuah - juah dan beberapa lagu lainnya aq bisa hihihi), dan ujung-ujungnya aq akan kembali ke kota dengan membawa cukup banyak uang..hehehe.lumayan kan..? artis dadakan.com.

karena rencana perjalanan kali ini juga mendadak , akhirnya kami putuskan untuk berangkat di hari selasa , 30 Agustus , jadi hari seninnya 29 Agustus bisa digunakan untuk persiapan baik itu belanja bekal makanan perjalanan dan service mobil untuk perjalanan jauh.

Pukul 5 pagi kami berangkat dari rumah ( Binjai ) dan tiba di kampung pergendangen pukul 10 pagi , seharusnya pukul 9 pagi juga sudah bisa tiba sich di kampung , kami sempat berkeliling di Kabanjahe sekitar 1 jam , akhirnya molor dech..

8 tahun tidak pernah pulang kampung , ternyata sudah banyak sekali perubahan di kampung , masyarakatnya juga sudah lebih rame ( banyak pendatang ) , dan kehidupan di kampung juga sudah lebih modern , ditandai dengan cukup banyaknya warnet-warnet di kampung,Dulu seingat aq belum ada tuh warnet - warnet di kampung, cara berpakaian mereka juga sudah lebih maju , dan 1 lagi ..banyak juga orang-orang kampung yang  sudah liburan ke luar negeri , saat makan siang di salah satu rumah makan , aq melihat dinding  rumah makan itu dihiasi dengan foto-foto sang pemilik rumah makan jalan-jalan ke Hongkong , Singapura , Malaysia , Thailand , udah modern kan ? Jadi jangan pernah anggap remeh orang kampung hahaha.

Begitu sampai di kampung , kami berkunjung ke rumah beberapa saudara yang tinggal di dekat gunung ( disini kehidupannya masih cukup primitif ) ,Seperti biasa..kami kalo pulang kampung gini pasti dinasehati karna gak bisa bahasa karo ..percuma dech punya marga n blablabla dech....tapi emang  sulit juga sich kalo ga bisa bahasa karo jika ke kampung , meski mereka bisa bahasa Indonesia , tapi mereka lebih suka pake bahasa karo.dan akhirnya kami kebanyakan diam dech..karna ga ngerti apa yang mereka omongin ..paling -paling bokap lo yang jadi penerjemah..hihihi..



kemudian lanjut mengunjung makam bolang , dan kebetulan bokap bercocok tanam coklat di kampung , jadi ya sekalian dech jalan-jalan ke ladang. (^_^) .

 Banyak banget ladang di kampung , rata-rata penduduk di sini bercocok tanam coklat , jagung , namun ada 1 ladang yang khusus menanam buah naga ( dragon fruits ). asyik juga berkunjung ke ladang ini , aq jadi tau tata cara mananam buah naga ..hehehe..



Setelah puas berkeliling ladang , kami memutuskan untuk mandi di sungai , semasa kecil , mandi di sungai merupakan kegiatan favorit dan harus dilakukan , serasa ga pulang kampung jika tidak mandi sungai ..

Namun sayangnya..kali ini kami membatalkan niat itu , karna begitu tiba di sungai , ternyata sungainya sudah jadi sempit banget ..beda banget dengan sungai yang dulu..meski masih ada penduduk yang mandi di sungai , namun kami keburu down meliat sungainya yang sudah jadi sempit.

daripada bengong tidak tau mau ngapaian lagi , akhirnya kami putuskan untuk ke pusat pasar .. kebetulan setiap hari selasa diadakan pasar pekan di kampung  , maka pengunjung pusat pasarpun membludak , karna banyak penduduk dari berbagai desa sekitar yang berbelanja ke sini .

Pasar pekannya sich biasa-biasa saja menurut aq ( mungkin karna aq sudah bosan meliat pasar di kota hahaha ) namun satu hal yang cukup menghibur yaitu saat aq berkunjung ke tokonya Pak tua aq ( abangnya bokap ) yang setiap hari selasa datang dari medan untuk jualan di kampung , aq bisa bebas mencoba beberapa ulos yang dijual hahaha..

Sudah kelihatan suku karokah diriku pada foto di atas ? hahaha

Malamnya kami menginap di rumah saudara di Tiga Binanga ( tidak di desa pergendangen ). Aq panggil bibi ke pemilik rumah  , sejak kecil jika aq ke kampung , aq sering main ke sini dan nginap di sini juga . Rumahnya juga sudah banyak berubah ..sudah dibangun ulang dengan konsep rumah modern .
.
Bibi aq ini jualan pupuk , dan berladang jagung , dulu aq suka banget main kereta sorong di halaman rumahnya yang dipenuhi dengan jagung-jagung yang sedang dikeringkan..karna ini belum musim panen jagung..maka jangan harap ada jagung-jagung di halaman rumahnya.


Meski sudah jalan seharian dan merasa cukup lelah , seharusnya malam itu aq bisa tidur dengan nyenyak..namun kenyataannya tidak sejalan ..aq merasa gerah dan panas di dalam kamar ..aq merindukan kamar tidurku.. aq merindukan dinginnya AC kamarku.. saudara aq sampai heran dan bilang..biasanya dia malah sampai pake selimut tebal lo untuk tidur , masakan aq merasa gak dingin ? fiuhh..n akhirnya secara diam-diam aq pergi ke halaman rumah  dekat parkiran mobil dengan membawa beberapa kursi tamu untuk tidur di halaman . bahkan di halaman rumahnya pun aq merasa udaranya masih kurang dingin..fiuhhh..

Tidak lama kemudian mama juga keluar dan mengeluhkan hal yang sama..haha..ternyata aq tidak sendirian , n kami memutuskan untuk membangunkan bokap dan memintanya untuk membawa kami keliling di sekitar kampung , saat itu jam sudah pukul 12 malam , dan kami dibawa minum bandrek di salah satu warung yang cukup terkenal di kampung.

Pulang dari minum bandrek , kami masih ngobrol hingga pukul 2 pagi . hingga bibi aq tiba-tiba muncul dan terkejut melihat kami malah tidur di halaman..hahaha.. dengan bujuk rayuan akhirnya kami masuk kembali ke rumah dan tidur di kamar .. saat itu sudah pukul 3 pagi..mungkin  rasa kantuk yang sangat akhirnya membuat aq bisa tidur juga di kamar.

Pagi-pagi kami segera bangun , dan menikmati sarapan mie rebus buatan mama dan bibi..Pukul 10pagi kami akhirnya pamit untuk pulang ke Binjai.

Aq bersyukur banget cuma 1 malam di kampung..aq membayangkan jika saat itu nginap beberapa malam ..mungkin aq bisa tumbang karna kurang tidur terus..dan ya..meski udara di kampung lebih fresh dan polusi juga masih kurang di kampung, ladang dan gunung menghiasi pemdangan kampung , namun aq lebih suka untuk  tinggal di kota..aq suka dengan bangunan-bangunan tinggi dan pusat-pusat perbelanjaan..hahaha
 (^_^)

Asyiknya liburannn.....

14 comments:

  1. Sang Cerpenis bercerita mengatakan...:

    asik ya bisa pulang kampung. aku gak punya kampung halaman nih. hehee

  1. Amy mengatakan...:

    Minta oleh2 ulos nya donk Batz *kidding* Paling enk pulkam ya he8...

  1. IbuDini mengatakan...:

    Emang paling asik liburan kalau pulang kampung.

    Jadi inget sama temen saya yang udah lama banget gak ada kabarnya. Namanya susi orang karo di kabanjahe..
    orang tuanya punya kebun jeruk yang luas sekali....hmmm jadi kanget sama jeruk dan tomat merahnya...

    Lagu Karo favorid saya ada lho...kalau gak salah bunyinya seperti ini...
    Cirem mine kena...cirem cirem cirem menkena, aduh manisna..ohhh

  1. Call me Batz mengatakan...:

    fanny : ya ada asik n ga asiknya..

    amy : hehehe..ntar aq kirimi ya..gambarnya..

    ibu dini : itu lagunya mbiring manngis..lagu favorit aq tuh..hahaha

  1. Dwi Wahyu Arif N mengatakan...:

    salam kenal juga mas, jadi pengen maen ksana jg ni :D

  1. zone mengatakan...:

    asiknya bisa pulang kampung....

    maaf,,mas batz orang batak kah...?? :)

  1. Call me Batz mengatakan...:

    dwi wahyu : yup..thx uda berkunjung balik

    zone ; iya..aq campuran chinese n batak karo..tapi aq ga bisa bahasa batak..

  1. enak banget bisa mudik :D koq panas di desa? biasanya kan di desa dingin :D

  1. Mila Said mengatakan...:

    Seru bangeeeet... apalagi yg di pasar itu hahahaa..
    Seneng yah pulang kampung.

    Oh iya, maap lahir batin yaaa...

  1. Call me Batz mengatakan...:

    ria : mungkin uda pemanasan global n banyak pembangunan di kampung

    mila : iya..seruu

  1. Penghuni 60 mengatakan...:

    wah, wah, yg lg liburan ya...
    pulang kampung ketemu dan ngumpul ama keluarga...
    asik bgt tuh...
    jgn lp oleh2nya ya...

  1. Asop mengatakan...:

    Yah, liburan selama seminggu saya rasa sudah cukup. :)

  1. zone mengatakan...:

    durhaka gak bisa bahasa batak....
    :P

  1. obat alami maag mengatakan...:

    liburan yang sangat menyenangkan sepertinya