Blogger templates

OB absen ? Oh no...

Selasa, Mei 24, 2011

Secara structural , Posisi office girl/boy atau yang popular dengan sebutan OB mungkin bukan merupakan posisi yang penting di perusahaan , dan juga bukan merupakan posisi idaman tentunya.
Namun..pernahkah kita membayangkan jika suatu perusahaan tanpa kehadiran OB ? uhm…
Karna kantorku tidak menggunakan jasa perusahaan otsourcing dalam hal OB. maka OB di kantorku mungkin lebih disamakan dengan pembantu rumah tangga yang bekerja dari jam 8 hingga 5 sore.  bertugas untuk membersihkan ruangan-ruangan kantor, menyikat kamar mandi dan melayani kami sebagai penghuni kantor tersebut dari mengelap meja kami , membuangkan sampah – sampah yang ada di keranjang sampah setiap meja , menyucikan peralatan makan dan minum kami , memasakkan nasi untuk makan siang karywan ( kantorku menyediakan makan siang untuk karyawannya ) dan menjadi orang suruhan jika kami ingin berbelanja sesuatu di swalayan dekat kantor dsb dech..
Minggu lalu , OB kantorku sakit dan absen selama 4 hari .. ( sakitnya lebih dari 4 hari , Cuma selama 4 hari itu kami belum mendapatkan OB pengganti ) sebagai catatan ..OB di kantorku hanya 1 orang..
Bisa dibayangkan bagaimana keadaan kantor selama 4 hari absennya OB ?
Tidak diragukan lagi , meja berdebu , lantai juga kotor ,karena tidak ada yang menyapu dan mengepel .. maukah para staff cewek menggantikan kerjaan OB untuk menyapu dan mengepel ? Tentu saja tidak mau( saya sendiri juga tidak mau..hehehe ).. Kamar mandi menjadi beraroma kurang sedap … urgh…
Dan selama 4 hari itu , kami harus mencuci sendiri peralatan makan dan minum kami , membersihkan meja kerja sendiri , membuang sampah sendiri ..dan tentu saja memasak nasi sendiri (yang ini digantikan staff-2 cewek )
Ternyata tidak semua cewek bisa memasak nasi.. fiuhh.. terlalu banyak air..nasinya hampir kayak bubur.. kekurangan air.. sudah tau bukan hasilnya gimana? Capee dech..
Jika OB tidak absen.. kami dengan gampang  saja menggunakan sendok , piring , gelas dan tinggal meletakkan saja di meja..karna nantinya akan diangkat dan dibersihkan OB… Jam makan siang , nasi sudah siap dimasak..perlu sesuatu ? tinggal panggil  saja… OB akan datang.. praktis dan menyenangkan bukan ?
Realitanya..
Terkadang kita sebagai karyawan dengan posisi diatas OB sering memandang sebelah mata OB.. dan mungkin terkadang kita juga tidak begitu menghargai mereka… Nah sekarang aq ingin meyadarkan kalian semua betapa pentingnya kehadiran mereka.. (^_^)
Ya,,mereka bukanlah pengambil keputusan penting di kantor ,mereka juga tidak pernah diminta untuk ikut serta dalam rapat-rapat penting perusahaan. mereka hanyalah penyapu dan pengepel lantai kantor.. tapi tanpa mereka.. kantor tidak akan indah dan nyaman…
Untuk para karyawan dengan posisi staff ke atas.. hargailah OB kalian..
Untuk para OB , jangan berkecil hati meski Cuma OB.. kehadiran kalian begitu penting di kantor…so jangan sering-2 absen ya.. hehehe
                                                                               sumber 
OB itu penting lho..

15 comments:

  1. exort mengatakan...:

    untung ob kantor gw ada 4, jadi ya....selalu aja ada yg bs dimintain tolong
    eh tp dr ke 4 ob kntr gw, cuma 2 aja yg asik dimintain tolong, yg lainnya blagu, cuma mau disuruh ama bos doang

  1. arman mengatakan...:

    OB itu dirasa penting karena emang kita kebiasaan aja apa2 dibantu OB/OG. :D

    disini gak ada OB lho. apa2 ya harus sendiri. tapi ya gak apa2 juga tuh... :)

  1. r10 mengatakan...:

    kalau begitu naikan gaji OB dong, mereka juga butuh penghargaan :)

  1. Renaldy mengatakan...:

    Wah, ternyata begitu penting ya posisi itu. Posisi apapun memang sangat penting karena akan saling melengkapi.

  1. ^^KoskakiUngu^^ mengatakan...:

    huhuhu,(untungnya saya sudah ahli masak nasi) ^^

    tapi mang bener keberadaan mereka sangat dibutuhka,walopun tidak punya jabatan di kantoran.

    agak mirip dengan postingan saya dulu disini(http://koskakiungu.blogspot.com/2011/05/orang-yang-terlupakan.html)

  1. Amy mengatakan...:

    Seringkali kita melupakan mrk yg dibawah. Ternyata kehadiran mrk sgt membantu kita. :)

  1. Gaphe mengatakan...:

    untung sih di kantor saya nggak ada OB, jadi semuanya dilatih mandiri. maklum kantor cabang dengan jumlah staff kecil, udah biasa ngelakuin buat ramean.. jadi soal OB ada apa nggak yaa nggak masalah.

    jangan terlalu tergantung aja kalo kita masih bisa lakuin sendiri

  1. Call me Batz mengatakan...:

    all : yup begitulah..

    arman : wah enakan indo dong..hehehe

  1. Sang Cerpenis bercerita mengatakan...:

    waduh masa masak nasi gak bisa. kan ada rice cooker. hehee.tapi emang sih OB itu sangat membantu, karenanya jgn meremehkan mereka ya

  1. Arif Chasan mengatakan...:

    eh.. eh.. kaya pepatah, "kita baru merasakan berharganya seseorang setelah orang itu meninggalkan kita".. :D

  1. Call me Batz mengatakan...:

    fanny : yup..memang masaknya pake rice cooker cuma ya takaran airnya mereka ga pas

    arif : begitulah..

  1. Call me Batz mengatakan...:

    fanny : yup..memang masaknya pake rice cooker cuma ya takaran airnya mereka ga pas

    arif : begitulah..

  1. bisa dibayangkan kewalahannya tanpa OB hehe
    tapi hebat jg ya si OB bisa mengerjakan pekerjaan segitu banyak sendiri

  1. waroeng coffee mengatakan...:

    OB salah satu bagian penting suatu perusahaan :) tapi itulah yg kdg kita tak sadari karena ada sebagian kita yg sangat tergantung pd mereka, so spt pglmnmu kan sgt terasa betapa pentingnya OB hehehe

  1. daily soccer news mengatakan...:

    kebersihan sangat menunjang moot bekerja,,,, ehhehe..

    good job sob... lanjutkan...