Blogger templates

Cukupkah hanya bekerja keras ?

Rabu, Oktober 20, 2010
Membagi sebuah cerita inspiratif , semoga berguna.. (^_^)

Selepas kuliah , Joko dan Edi sama-sama diterima bekerja sebagai salesman di sebuah perusahaan distribusi FMCG , keduanya pun bekerja keras.

Dua tahun berlalu , Edi akhirnya diangkat menjadi Sales Supervisor , sedamgkan Joko tetaplah sama dengan posisi salesman.

Hingga suatu hari , Joko merasa tidak tahan lagi dan mengajukan pengunduran diri  dengan alasan perusahaan tidak memperhatikan orang yang bekerja keras , hanya orang yang pandai menjilat bos aja yang bisa naik jabatan.

Bos perusahaan itu tau bahwa Joko seorang pekerja keras , namun ada yang membedakan Joko dengan Edi , dan untuk menyadarkan Joko mengenai perbedaannya dengan Edi , Joko diberikan sebuah tugas untuk menemukan seorang pedagang semangka di dekat kantor.

Saat Joko kembali , Bos bertanya : " sudah kau temukan pedagang itu Joko ? "
Jawab Joko : "sudah Pak "
kembali bos bertanya : " berapa harga semangkanya ? "
Joko tidak bisa menjawab , dan ia kembali ke pasar untuk menanyakan harga semangka lalu menghadap bos dan berkata : " harganya 1000 rupiah per kg ".

Kemudian , Bos berkata kepada Joko , sekarang dia akan memberikan perintah yang sama ke Edi ,.

Edipun ke pasar dan setelah menemukan pedagang itu , dia kembali menghadap bos untuk melapor.

" di pasar hanya ada 1 pedagang semangka , harga semangka per kg nya adalah seribu rupiah , jika kita membeli 100 kg , maka harganya hanya Rp. 800/kg . ia mempunyai stok 324 biji , yang 32 biji dipajang di counternya. Semangka ini didatangkan dari Indramayu 2 hari yang lalu , warnanya hijau segar dan isinya merah jingga , kualitasnya bagus. "

Saat itu juga , joko terkesan dengan laporan Edi , dan memutuskan untuk tidak mengundurkan diri tetapi akan belajar lebih banyak dari Edi.

Pesan cerita :

Bekerja lebih keras saja tidak cukup .

Seorang yang lebih sukses , meneliti lebih banyak , berpikir lebih banyak dan mengerti lebih mendalam.

Untuk alasan yang sama seorang yang lebih sukses melihat beberapa tahun ke depan , sedangkan orang yang biasa-biasa saja hanya melihat esok hari saja.

Perbedaan antara 1 hari dan 1 tahun adalah 365 hari..

"Renungkanlah"

25 comments:

  1. Gaphe mengatakan...:

    wow.. sepertinya pas banget sama kondisi yang saya rasakan sekarang. mencoba belajar untuk tidak memutuskan dengan gegabah, mencoba melihat masa depan.. ^_^

  1. Ferdinand mengatakan...:

    Sore Sob :P

    aku setuju sama kata2mu hhe.. kadang kerja keras doank gak cukup... itu knp banyak org yg kelihatannya biasa aja lebih sukses dari yg kelihatannya bekerja keras... karena tanpa diketahui org dia lebih banyak belajar dan meneliti sekelilingnya...selain itu kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi juga penting... terakhir... ya gak cuma kerja keras, meneliti N baik berinteraksi tapi juga doa yg penting hhe...

    have a nice day kawan...

    >> aku izin mau pasang link blog ini di blogku ya Sob.. thnx....

  1. Aulawi Ahmad mengatakan...:

    ya bener sekali kerja keras tak menjamin kesuksesan,apalagi kerja keras hanya mengandalkan tenaga saja :)

  1. Sang Cerpenis bercerita mengatakan...:

    setuju. intinya harus cerdik dan mau lebih mendalami pekerjaannya

  1. joe mengatakan...:

    betul gan, kerja keras itu masih kalah dengan kerja dengan cerdas

  1. joe mengatakan...:

    sangat inspiratif ..

  1. ~Srex~ mengatakan...:

    itulah bedanya pola pikir manajerial dg pola pikir seorang kuli....
    sip...siiipp.....

  1. Call me Batz mengatakan...:

    gaphe : yup.. semua keputusan harus dipikirkan dengan sebaik baiknya..

    ferdinand : betul.. harus bekerja cerdas juga.. dengan senang hati bro, thx uda mau pasang link blog aq..

  1. Call me Batz mengatakan...:

    aulawi : yup.. maka itu harus bekerja cerdas..

    fanny : betul sekali..

    joe : setujuuu...

    srex : yup.. itulah perbedaan pola pikir..

  1. Meutia Halida Khairani mengatakan...:

    wew, bagus sekali ceritanya.
    hmm,emang sih perusahaan lebih suka sama orang yg tau dan mempelajari lebih banyak. cuma kalo saya ngga terlalu mempelajari masalah kantor, masalah2 yg laen yg saya pelajari. hehe

  1. Mamisinga mengatakan...:

    Thanks for sharing..

  1. Call me Batz mengatakan...:

    mamisinga : sama-2..

  1. Adi Budi Yulianto mengatakan...:

    jadilah orang yang selalu untuk berbuat lebih..

    jika seorang pelari juara berlatih seminggu 3x, maka kau harus melakukan seminggu 4x..

    jika kebanyakan orang belajar sehari 60 menit, maka kau harus melakukannya sehari 70 menit..

    nice post! :)

  1. Call me Batz mengatakan...:

    adi budi : yupp..setuju banget.. thx atas kunjungannya...

  1. fanny mengatakan...:

    mampir di petang hari.

  1. Call me Batz mengatakan...:

    fanny : monggo..samibil membawakan teh manis dan pisang goreng.. hehehehe

  1. exort mengatakan...:

    selamat kerja keras

  1. tentu saka tidak.. Bekerja Cerdas lebih asik.. hehhhe... salam knal mas.. :)

  1. Call me Batz mengatakan...:

    exort : yukk..kerja cerdas juga ya..

    mobil keluarga : iya..salam kenal...

  1. fanny mengatakan...:

    hualoo.met pagi.met beraktivitas. GBU

  1. catatan kecilku mengatakan...:

    Setuju banget.... kerja keras saja tidaklah cukup. Ada banyak hal lain yg dibutuhkan seseorang utk bisa maju.

  1. the others.... mengatakan...:

    I like it... sangat inspiratif.
    Nice post.

  1. Lutfi Retno Wahyudyanti mengatakan...:

    Terimakasih untuk tulisannya. Yup, kadang orang suka melihat sesuatu dengan cara pandang yang sempit. Sering melihat dunia tidak adil dan mengasihani dirinya sendiri. Padahal kalau dia mau berpikir dan berubah, hal2 baik akan datang padanya.

    Salam kenal

  1. kanvas imajinasi mengatakan...:

    ceritanya menarik....
    mampir jga di blog ane yah....?? ane tunggu....ehh jgn lupa nge-follow yah.....:)
    makasih

  1. dian nugraha mengatakan...:

    ijin copas gan...