Blogger templates

Secangkir Kopi Luwak menemani Award

Selasa, Oktober 26, 2010
Beberapa hari yang lalu , saat ngerumpi di rumah teman , timbul pembicaraan mengenai kopi dan akhirnya muncul jugai stilah kopi luwak.

Kopi luwak ? tanyaku aneh ( sambil mengerutkan dahi )

Iya..kopi luwak..itu lo kopi dari kotoran musang.. jawab temanku..

( makin bingung ) kotoran musang ? menjijikkan banget... jawabku..

( sambil tertawa ) ..jangan salah lho..memang kedengarannya menjijikkan , tapi kopi luwak ini benar-2 enak , aromanya wangi banget , n rasanya itu lo.. benar-2 terasa banget sewaktu melewati tenggorokan ..n ini kopi mahal lo bro.. di Jakarta aja secangkir kecil kopi luwak harganya ratusan ribu.. ( gak tau benar atau gak hahaha ).. kata temanku panjang lebar..

N kebetulan kemarin aq dikaci sebungkus nih kopi luwak dari relasi kerja aq.. u mau coba gak ? tanya teman aq..

Hm... Boleh dech..  kalo gratis..siapa yang  nolak ? hahaha.. ( ketauan sukanya yang gratisan ).. jawabku antusias..

Kalo gitu besok pagi ke kantor aq ambil ya..  kata teman aq..

Sipp dech.. thx ya..  lanjutku..


Masih penasaran dengan penjelasan teman ..akhirnya aq googling dech kopi luwak..

berikut hasil googling aq mengenai kopi luwak ( sumber : wikipedia )

Kopi Luwak adalah seduhan kopi menggunakan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak/musang kelapa. Biiji kopi ini diyakini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak. Kemasyhuran kopi ini di kawasan Asia Tenggara telah lama diketahui, namun baru menjadi terkenal luas di peminat kopi gourmet setelah publikasi pada tahun 1980-an. Biji kopi luwak adalah yang termahal di dunia, mencapai USD100 per 450 gram.
Kemasyhuran kopi ini diyakini karena mitos pada masa lalu, ketika perkebunan kopi dibuka besar-besaran pada masa pemerintahan Hindia Belanda sampai dekade 1950-an, di mana saat itu masih banyak terdapat binatang luwak sejenis musang.

                                                                 sumber foto 
Luwak, atau lengkapnya musang luwak, senang sekali mencari buah-buahan yang cukup baik dan masak termasuk buah kopi sebagai makanannya. Luwak akan memilih buah kopi yang betul-betul masak sebagai makanannya, dan setelahnya, biji kopi yang dilindungi kulit keras dan tidak tercerna akan keluar bersama kotoran luwak. Biji kopi seperti ini, pada masa lalu sering diburu para petani kopi, karena diyakini berasal dari biji kopi terbaik dan telah difermentasikan secara alami dalam perut luwak. Dan konon, rasa kopi luwak ini memang benar-benar berbeda dan spesial di kalangan para penggemar dan penikmat kopi.

Setelah membaca penjelasan dari wikipedia inilah baru aq percaya.. n akhirnya mencoba kopi luwak yang diberikan teman aq itu..

Ternyata... beneran dech..nikmat.. terasa banget kopinya saat melewati tenggorokan ( wkwkwkw...lebay ) .. aromanya juga wangi banget.. lebih nikmat dari kopi ulee kareng yang khas Banda Aceh ..

O iya.. selain hadiah kopi luwak dari teman .. aq juga dapat award nih dari gaphe.

Aq malu juga ama Gaphe yang uda mencapai 100 postingan dalam waktu beberapa bulan saja..  soalnya blog aq ini uda berjalan setahun lebih.. tapi postingannya belum juga mencapai 100..  tekadku..akhir tahun ini dech..blog ini akan mencapai 100 postingan .. ( doain ya.. )

Tanpa banyak basa basi lagi..nih aq pajang awardnya gaphe.. ( thx ya atas awardnya )

                                                            sumber : gaphe bercerita

Nikmatnya secangkir kopi luwak ... (^_^) ...

18 comments:

  1. Sang Cerpenis bercerita mengatakan...:

    penasaran nih. pengen coba.

  1. exort mengatakan...:

    wuiiihhh gw uda lama mau nyobain
    masih ada ga?
    kirim gw dong
    :D

  1. Gaphe mengatakan...:

    Wow, menikmati kopi paling mahal sedunia tuh?..

    enak karena biji kopinya "matang" difermentasi lewat perut luwak, apalagi luawak cuman mau milih makan biji kopi yang matang aja..

    thanks ya udah dipajang awardnya..sorry baru sempet mampir lagi. Semangaaaat!!!

  1. aku baru tau kalo kopi luwak dari kotoran musang
    hihihi agak menjijikan tadi dengernya, tp jd pengen nyobain juga hehe

    selamat ya awardnya

  1. Ferdinand mengatakan...:

    awalnya aku juga jijik pengen nyobainnya.. tapi setelah dicoba kayanya emank bener kata org2 hhe.. enakkkk... wkwkw....

    klo di Jakarta setauku harganya emank segitu SOb.... soalnya pernah liat waktu itu....hhe... klo yg aku coba kan dikasih haha...

    Selamat Awardnya... :P

  1. merry go round mengatakan...:

    Indonesia adalah negara yg menghasilkan kopi luwak terbesar. Masalah biji kopi yg difermentasikan dalam perut si musang ini juga sempet diperdebatkan MUI untuk masuk dalam fatwa haram -________-'

    apapun itu, saya sih bangga banget kopi yg paling enak dan paling mahal di seantero dunia asalnya dari sini :D

  1. joe mengatakan...:

    konon di luar negeri bisa mencapai jutaan lho...

  1. cipu mengatakan...:

    Dengar-dengar emang kopi Luwak mahal banget. Jadi penasaran pengen ngerasain.... mmmmm *aromanya kecium sampe sini lho*

  1. Aulawi Ahmad mengatakan...:

    kamu beruntung brother bisa dapet kopi luwak gratis hehe..itu minuman mahal hmmmmmm kalau masih ada sudilah kirim ketempatku hahahaha

  1. Meutia Halida Khairani mengatakan...:

    emang ini salah 1 kopi termahal yg pernah ada.. berhubung saya ngga suka kopi, jadi ngga pernah mau nyobain juga.. hehehe

  1. Alrezamittariq mengatakan...:

    luaknya enak...dan selamat ya atas awardnya...

  1. Call me Batz mengatakan...:

    to all : yup..Hahaha..n aq beruntungbanget bisa mencicipi kopi ini gratisss..

  1. tiket pesawat mengatakan...:

    wah, pgn nih aku ngerasain kopi luwak. kebetulan aku jg penyuka kopi, ya moga keturutan bisa merasain gmn sih kopi dari kotorannya luwak eh...maksudnya kopi luwak....:D

  1. Si Ker Put mengatakan...:

    enakkah kopinya ? strong banget gak ? *pengen nyoba

  1. Adi Chimenk mengatakan...:

    bagi dooonk kopi luwaknya..:)

  1. alice in wonderland mengatakan...:

    kemaren saya juga baru aja nonton ulasan kopi ini di salah satu tv dan dari dulu saya juga penasaran gmana rasanya...tapi katanya mahal ya??? makanya sampe sekarang saya belum nyoba secara saya ini juga sebenernya penikmat teh bukan kopi^^

  1. han mengatakan...:

    bayangin dipilihin dari kotoran luwak, jadi gk mau coba

    http://mhprihantoro.blogdetik.com/2009/11/11/jakarta-bakal-ideal-jika/

  1. harly mengatakan...:

    tulisan yang bagus
    makasih ya udah share..\
    kunjungi jg bahan bacaan saya :
    jurnal

    ekonomi andalas