Blogger templates

Sedikit dari 2012

Selasa, November 24, 2009

Film 2012 yang banyak dibicarakan orang-2 belakangan ini berhasil mencuri perhatian aq untuk menonton film ini ( maklum..aq bukan pecinta film..dan ke bioskop juga hanya setahun 3-4 kali aja )

Well..tulisan ini bukan untuk mereview film 2012 yang fenomenal itu..namun hanya merupakan sedikit pandangan dan hal-hal yang aq dapat setelah menonton film itu.

Secara sekilas menurut aq film ini mirip ( namun tidak sama ) dengan cerita Nabi Nuh yang membuat Bahtera,namun dalam film ini dijelaskan secara ilmu pengetahuan bagaimana kejadian air bah di zaman Nabi Nuh itu bisa terjadi, dan ini menurut aq bisa diterima secara ilmiah..

Namun aq tidak membahas itu di sini.. aq akan menulis mengenai adegan-2 sederhana namun bermakna yang ada di film 2012 tentunya..

Secara keseluruhan ada 3 adegan film yang sangat menariik perhatianku, yaitu :

1. Adegan dimana Presiden AS dalam film itu menolak untuk ikut dalam misi penyelamatan diri bagi orang2 tertentu.. ini sangat jelas menggambarkan jiwa pemimpin yang sangat mulia..

2. Masih mengenai Presiden AS dalam film itu, dimana ketika dia melakukan jumpa pers dan mengatakan : "untuk saat-2 seperti ini ( dalam menghadapi kematian / kiamat ) tidak ada perbedaan lagi antar manusia baik itu golongan, suku , jabatan dan kekayaan , kita semuanya sama di hadapan kematian " ( kira-2 seperti ini kata-2nya )
Bagi aq, adegan ini sarat dengan makna dan peringatan bahwasanya kita tidak perlu sombong jika kita saat ini mempunyai kekayaan ataupun kelebihan dari orang lain, karena ketika kematian berada di hadapan kita, tidak ada sedikitpun dari kekayaan kita yang bisa kita bawa ke alam baka sana.

3. Adegan selanjutnya yang aq suka dan jika diurutkan, adengan inilah yang paling menyentuh dan menarik perhatianku. yaitu adegan saat Dr Adrian, Dr Wilson dan pimpinan AS ( aq lupa namanya )berjalan memasuki bahtera, dan saat itu Dr Adrian bertanya kepada wakil pimpinan AS : "Apakah semua pekerja tambang ini akan diijinkan masuk ke dalam bahtera ini ?" dan pimpinan AS itu dengan nada emosi menjawab Dr Adrian : Apakah menurutmu, dunia ini adil ? " Ingat , dunia ini tidak pernah adil dan memang beginilah dunia ".

Adegan yang mungkin bagi sebagian penonton adalah adegan sepintas lalu dan tidak penting, namun bagiku adegan ini merupakan adegan yang paling menarik , seolah-olah ingin menegaskan kepada semua orang, bahwasnya dunia ini memang kejam, hanya orang-2 tertentu saja ( yang dianggap penting dalam pandangan dunia, yang akan diperhatikan dan mendapat hak-2 khusus dan akan diprioritaskan ) sedangkan untuk orang-2 yang tidak begitu penting/ biasa-2 saja, jangan harap akan mendapatkan hak khusus itu. dan hanya akan dimanfaatkan oleh orang-2 yang memiliki power. Jadi berusahalah untuk nmenjadi orang-2 yang penting he he...

Namun apapun itu, film 2012 bagi aq tidaklah lebih dari suatu hiburan saja. dan tidak akan menimbulkan hal-2 ataupun pemikiran negatif buatku.

Karna bagiku, cepat atau lambat, semua manusia akan mengalami kematian dan ini tidak akan bisa dihindari, jadi daripada sibuk dengan perdebatan kapan dunia akan berakhir dan ketakutan terhadap hal ini,lebih baik gunakan waktu-2 yang ada saat ini dengan maksimal untuk menjadikan hidup ini lebih bermakna.

Dan mengenai kiamat ( the end of the world ) biarlah semua itu tetap menjadi rahasia Ilahi, karna kita sebagai manusia tidak akan pernah bisa menandingi kekuasaan Tuhan.

So just enjoy this film as entertaintment... dan tetap jalani hidup ini dengan maksimal dan hidup sesuai ajaran agama yang dianut.. :)

4 comments:

  1. pelangi anak mengatakan...:

    HIDUP MEMANG HARUS DIPERJUANGKAN, DAN MERUPAKAN ANUGERAH DARI YANG MAHA KUASA, YANG PATUT DISYUKURI DAN DIMANFAATKAN SEBAIK-BAIKNYA. AGAR KITA TIDAK TERMASUK ORANG-ORANG YANG MERUGI DAN MATI SIA-SIA. KARENA TELAH MELAKUKAN HAL YANG BERGUNA DI DUNIA DAN MEMPERSIPKAN BEKAL YANG CUKUP DI AKHIRAT NANTI. JADI KAPANPUN KIAMAT DATANG KITA SUDAH SIAP MENGHADAPI KEMATIAN. MAKA KITA HARUS BERUSAHA SEBAIK MUNGKIN. FILM 2012, MENGANDUNG PESAN MORAL YANG BERMAKANA DAN MERUPAKAN SUATU PEMBELAJARAN YANG BERMANFAAT BAGI KITA.

  1. Anonim mengatakan...:

    well actually im not ready to watch that movies...(alnya belom masuk banda aceh)hehehe...mana yang bajakan juga blom ada...huhuhu..(jangan Ikuti saya yah) tapi setelah saya membaca ternyata selain visual eveknya yang digembar gemborkan yang begitu ruarr biasa ternyata memiliki nilai2 mulia yang terkandung didalamnya well walaupun tidak begitu banyak sich yang mana seharusnya didalam sebuah film itu hars memiliki nilai2 ilmu dan lain sebagainya dan thanks for the referensinya membuat saya ingin menonton film 2012 heheh kemedan nich sepertinya huhuhu thanks batz cheers

  1. exort mengatakan...:

    komen gw cuma 1.....liat efeknya aja deh..hehehe

  1. Sang Cerpenis bercerita mengatakan...:

    belum nonton filmnya