Blogger templates

Masakan mama..

Rabu, Desember 23, 2009
Semenjak aq kuliah dan mulai bekerja , kakak yang saat itu sedang berkuliah di Jerman , ditambah abangku yang kerja dan tinggal di luar kota , serta papa yang kebanyakan di luar kota, membuat mama tidak pernah masak lagi.

Aq sendiri bukanlah tipe orang yang suka makan di luar, ntah mengapa dari kami bertiga, aq lah yang paling menuntut mama untuk memasak , karna memang aq lebih suka masakan rumah ( masakan mama ) , dan tidak begitu bisa makan banyak kalo masakan luar. ini bertolak belakang dengan abangku.

Namun keputusan mama untuk tidak memasak lagi bisa kumaklumi , karna memang mubazir banget kalo mama tiap ari masak tapi selalu bersisa.. bukan karna masakan mama yang tidak lezat, tapi aq sendiri setiap harinya jam 6.45 sudah berangkat ke kantor ditambah dengan kuliah sehabis kerja sehingga setiap harinya pulang ke rumah sekitar jam 9 malam, membuatku hanya makan sekali saja di rumah, bahkan juga kadang tidak makan malam lagi, karna sakit maag yang kumiliki menuntutku agar tidak telat makan.dan tentu saja kondisi kesehatan mama sendiri yang bisa kumaklumi.

Sekitar awal tahun 2008 dimana kakak kembali ke Indonesia, membuat mama kembali masak, karna personil di rumah sudah bertambah lagi, dan ini membuatku senang banget..dan tentu saja membuat berat badanku kembali melambung.. ha ha..

Namun sejak pernikahan kakakku bulan agustus 2008,dan ditambah hadirnya keponakanku yang diititipkan ke mama, membuat mama kembali tidak bisa masak lagi :(

Nah liburan natal ini, dimana kakak libur panjang dalam pekerjaannya ( inilah enaknya jadi guru , ha ha ) akhirnya keponakanku dibawa kembali ke rumah kakak. sehingga mama punya banyak waktu di rumah, namun tetap saja mama tidak masak :(

Tanggal 22 semalam ( hari ibu indonesia ) aq mendapat kejutan yang bagi aq termasuk wow..
mama bangun pagi lebih awal hari itu. dan membuatkanku sarapan sebelum aq berangkat ke kantor, sepiring bihun goreng ( kesukaanku haha )..dan tentu saja aq makan dengan lahapnya

Aq sendiri tidak memiliki firasat kalo mama akan masak pada hari itu..

Seperti biasa, salah satu kebiasaanku.jika pulang kerja n baru nyampe rumah , maka meja makan merupakan tempat pertama yang aq kunjungi, meski aq tau tidak ada masakan tapi tetap saja aq selalu membuka tutup saji ( tidak tau apa namanya ) untuk memeriksa ada makanan apa hari ini. dan selalu berteriak laparr..dan ingin segera ada makanan dihadapanku. ( mama paling mengerti kebiasaan jelekku ini , dan sering menyindirku supaya nantinya aq harus bisa mencari istri yang bisa memasak buatku ha ha )

Namun hari itu, baru saja aq membuka pintu rumah dan akan menuju meja makan, mama langsung berkata " aq ada masak hari ini , tapi hanya 3 macam aja "

Mendengar itu, dengan semangat kubuka tutup saji dan melihat ada ayam goreng , sambal kentang goreng kecap ( menu favoritku , karna aq suka sekali makan kentang haha ) dan semangkuk sup kua-chap ( sejenis makanan siap saji dan merupakan masakan Thailand )

tanpa berlama-lama , aq langsung mengambil piring dan nasi kemudian makan.. Aq makan dengan sangat lahap. saking lahapnya mungkin keliatan seperti orang yang sudah tidak makan seminggu,, ha ha..

Dan malam itu , aq melupakan diet ketatku dan tanpa kusadari , aq menghabiskan 3 piring nasi dan 80 % masakan mama hari itu ( padahal semuanya mama masak dalam porsi jumbo ) 20 % kusisakan untuk mama dan papa ( yang sedang ada di rumah ) wkwkw..i'm sorry mom.. keenakan makan sampe lupa kalo masih ada yang belum makan.,

Tak berapa lama , saat mama akan makan malam. begitu membuka tutup saji, mama sangat terkejut dan secara spontan berkata . wah ngeri kali kamu makan , semuanya hanya tinggal dikit aja. kami kan belum makan.. mendengar itu aq hanya tertawa..

Kemudian mama mengatakan : mulai besok aq tidak akan masak lagi dan tidak boleh masak lagi, gimana kamu bisa mengurangi berat badanmu kalo makannya gini terus..sia sia kan diet yang u jalani selama ini nantinya.

Setelah dipikir-pikir..mungkin memang ada baiknya kalo mama tidak masak, ya demi kebaikan diriku... ( berusaha mengambil nilai positif )

Namun demikian , aq sungguh bersyukur bisa merasakan masakan mama kembali terutama karna mama masak menu kentang... ha ha..meski masakan mama malam itu sederhana, namun bagi ku tetap lebih enak dibanding makanan luar ( rumah makan atau restoran ) thx mom..u always understand what i want.

Happy mother's day... I love u mom..

3 comments:

  1. exort mengatakan...:

    uda lupain dulu dietnya, dapat award tuh, diambil ya dit4 gw

  1. fanny mengatakan...:

    masakan mama memang selalu enak.
    kamu mesti cari isteri yg pinter masak tuh. hehee.

  1. Batz mengatakan...:

    fanny : ha ha..iya mbak..harus itu..seperti peaan mama..wkwkw