Kebutuhan VS keinginan

Kebutuhan dan keinginan memang terkadang sulit untuk dibedakan..

Karna handphone aq( Nokia E-63 ) baru saja diambil alih oleh abang aq..aq terpaksa mencari handphone baru..

Dari sekian banyak tipe handphone, hanya 1 yang menarik perhatian aq yaitu Nokia E-71.. sudah sejak peluncuran tipe ini, aq sangat menginginkan handphone ini, penampilannya yang terkesan elegan n eksklusif sangat menarik perhatian n minat aq untuk memilikinya.. namun karena alasan harga yang tinggi, aq mengurung niat aq untuk memiliki handphone ini..

Belakangan ini, mungkin karna kemunculan Blackberry sehingga harga E-71 cenderung turun, membuat keinginan aq untuk memiliki handphone ini bangkit kembali, dan kuputuskan untuk menjual E-63 yang juga baru aq beli tidak lama kepada abang aq..

Namun belakangan..ntah kenapa ketika akan membeli hape itu..rasa ragu mulai muncul..melihat harganya yang masih di level 4 juta membuat aq berpikir dan berpikir ulang..(maklum, biasanya aq selalu membatasi diri aq untuk tidak membeli hape di atas 3 juta.. ) namun kali ini, batas itu mungkin akan aq langgar.. aq memikirkannya hingga berhari-2.. namun akhirnya aq memutuskan untuk membeli Nokia 5320 xpress music aja seharga 1.9 jutaan.. yah memang jauh banget sich dengan yang aq budgetkan..tapi i have a reason..

Alasan aq akhirnya memilih Nokia 5320 yaitu.. aq memang lagi butuh hape baru ..karna E63 uda aq jual ke abang aq n memang sich aq pingin banget beli E-71..tapi aq menilai dan meninjau kembali antara kebutuhan n keinginan aq..
aq menggunakan hape hanya untuk bertelepon n sms serta mendengar mp3..n aq memilih nokia karna aq suka dengan nokia yang bersistem operasi symbian..n aq butuh hape dengan sistem operasi symbian untuk menambah aplikasi -2 di hape aq..
kemudian dengan harga yang miring aq juga mendapatkan layanan video call n HSDPA..ya meski aq tidak pernah bervideo call ria, tapi ya hanya untuk agar tidak out of date..kayaknya aq musti punya hape yang berfitur itu juga :).. akhirnya aq membeli 5320 aja, karna semua fitur yang aq butuhkan ada dalam hape itu, sedangkan E-71 hanya merupakan keinginan aq untuk memilikinya, dan kuputuskan untuk menepis keinginan itu ( terinspirasi dari beberapa buku mengenai perencanaan keuangan :) )

dan sisa budgetnya akhirnya aq gunakan untuk membeli printer baru yang serbaguna ( bisa scan n fotokopi ) yang memang saat ini aq juga lagi butuh printer..

n aq rasa ini merupakan keputusan yang tepat.jadi aq tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli printer bahkan masih sisa n bisa ditabung..bayangkan jika aq menuruti keinginan aq n membeli E-71 n setelah itu membeli printer lagi..berapa biaya yang aq keluarkan hanya untuk sebuah keinginan..

Hanya 1 hal yang tidak aq suka dari Nokia 5320 ini, yaitu warnanya yang agak norak menurut aq..ngak gua banget ( ha ha) Namun..aq rasa aq harus belajar menyukainya..percuma juga kan aq banyak membaca buku perencanaan keuangan tetapi tidak mempraktekkannya.. so mulai sekarang untuk membeli barang, pertimbangkanlah antara kebutuhan dan keinginan..ok.

Komentar

exort mengatakan…
wah hp baru nih...eh tonner printernya uda bisa kepasang nih :)
Je mengatakan…
numpang ngikut komen:
ur hape is a good choice, kok :)
oia, lagi punya pulsa? bagi donk. LOL
Call me Batz mengatakan…
exort : iya..tapi lowgrade dari E63 ke 5320 :).. catridge printernya aq gak bisa pasang..akhirnya aq bawa ke toko untuk minta tolong dipasangi esok paginya..

Je : ha ha..thx 4 comment..pulsa ?? kebetulan juga lagi minus nih..ha ha..sama-2 cari sponsor yuk.ha ha. :)
MONOKROM mengatakan…
KADANG KEINGINAN BISA MENGALAHKAN KEBUTUHAN KITA. MAKANYA SAYA SETUJU DENGAN ISI POSTINGAN INI. KITA HARUS PANDAI-PANDAI MEMBEDAKAN ANTARA KEINGINAN DAN KEBUTUHAN. JANGAN HANYA KARENA SEBUAH KEINGINAN KITA JADI MENOMORDUAKAN KEBUTUHAN KITA. DAHULUKAN KEBUTUHAN, BARU PENUHI KEINGINAN.
Call me Batz mengatakan…
pelangi anak : nice comment. thx