Blogger templates

Kebutuhan VS keinginan

Minggu, Juni 14, 2009
Kebutuhan dan keinginan memang terkadang sulit untuk dibedakan..

Karna handphone aq( Nokia E-63 ) baru saja diambil alih oleh abang aq..aq terpaksa mencari handphone baru..

Dari sekian banyak tipe handphone, hanya 1 yang menarik perhatian aq yaitu Nokia E-71.. sudah sejak peluncuran tipe ini, aq sangat menginginkan handphone ini, penampilannya yang terkesan elegan n eksklusif sangat menarik perhatian n minat aq untuk memilikinya.. namun karena alasan harga yang tinggi, aq mengurung niat aq untuk memiliki handphone ini..

Belakangan ini, mungkin karna kemunculan Blackberry sehingga harga E-71 cenderung turun, membuat keinginan aq untuk memiliki handphone ini bangkit kembali, dan kuputuskan untuk menjual E-63 yang juga baru aq beli tidak lama kepada abang aq..

Namun belakangan..ntah kenapa ketika akan membeli hape itu..rasa ragu mulai muncul..melihat harganya yang masih di level 4 juta membuat aq berpikir dan berpikir ulang..(maklum, biasanya aq selalu membatasi diri aq untuk tidak membeli hape di atas 3 juta.. ) namun kali ini, batas itu mungkin akan aq langgar.. aq memikirkannya hingga berhari-2.. namun akhirnya aq memutuskan untuk membeli Nokia 5320 xpress music aja seharga 1.9 jutaan.. yah memang jauh banget sich dengan yang aq budgetkan..tapi i have a reason..

Alasan aq akhirnya memilih Nokia 5320 yaitu.. aq memang lagi butuh hape baru ..karna E63 uda aq jual ke abang aq n memang sich aq pingin banget beli E-71..tapi aq menilai dan meninjau kembali antara kebutuhan n keinginan aq..
aq menggunakan hape hanya untuk bertelepon n sms serta mendengar mp3..n aq memilih nokia karna aq suka dengan nokia yang bersistem operasi symbian..n aq butuh hape dengan sistem operasi symbian untuk menambah aplikasi -2 di hape aq..
kemudian dengan harga yang miring aq juga mendapatkan layanan video call n HSDPA..ya meski aq tidak pernah bervideo call ria, tapi ya hanya untuk agar tidak out of date..kayaknya aq musti punya hape yang berfitur itu juga :).. akhirnya aq membeli 5320 aja, karna semua fitur yang aq butuhkan ada dalam hape itu, sedangkan E-71 hanya merupakan keinginan aq untuk memilikinya, dan kuputuskan untuk menepis keinginan itu ( terinspirasi dari beberapa buku mengenai perencanaan keuangan :) )

dan sisa budgetnya akhirnya aq gunakan untuk membeli printer baru yang serbaguna ( bisa scan n fotokopi ) yang memang saat ini aq juga lagi butuh printer..

n aq rasa ini merupakan keputusan yang tepat.jadi aq tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli printer bahkan masih sisa n bisa ditabung..bayangkan jika aq menuruti keinginan aq n membeli E-71 n setelah itu membeli printer lagi..berapa biaya yang aq keluarkan hanya untuk sebuah keinginan..

Hanya 1 hal yang tidak aq suka dari Nokia 5320 ini, yaitu warnanya yang agak norak menurut aq..ngak gua banget ( ha ha) Namun..aq rasa aq harus belajar menyukainya..percuma juga kan aq banyak membaca buku perencanaan keuangan tetapi tidak mempraktekkannya.. so mulai sekarang untuk membeli barang, pertimbangkanlah antara kebutuhan dan keinginan..ok.

5 comments:

  1. exort mengatakan...:

    wah hp baru nih...eh tonner printernya uda bisa kepasang nih :)

  1. Je mengatakan...:

    numpang ngikut komen:
    ur hape is a good choice, kok :)
    oia, lagi punya pulsa? bagi donk. LOL

  1. schultz mengatakan...:

    exort : iya..tapi lowgrade dari E63 ke 5320 :).. catridge printernya aq gak bisa pasang..akhirnya aq bawa ke toko untuk minta tolong dipasangi esok paginya..

    Je : ha ha..thx 4 comment..pulsa ?? kebetulan juga lagi minus nih..ha ha..sama-2 cari sponsor yuk.ha ha. :)

  1. pelangi anak mengatakan...:

    KADANG KEINGINAN BISA MENGALAHKAN KEBUTUHAN KITA. MAKANYA SAYA SETUJU DENGAN ISI POSTINGAN INI. KITA HARUS PANDAI-PANDAI MEMBEDAKAN ANTARA KEINGINAN DAN KEBUTUHAN. JANGAN HANYA KARENA SEBUAH KEINGINAN KITA JADI MENOMORDUAKAN KEBUTUHAN KITA. DAHULUKAN KEBUTUHAN, BARU PENUHI KEINGINAN.

  1. Batz mengatakan...:

    pelangi anak : nice comment. thx